candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TIPE TANDUR DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI MADUREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

indah murni

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching tipe TANDUR untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SD. Penelitian ini bertujuan: meningkatkan hasil belajar Matematika tentang operasi pecahan di kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe TANDUR. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Madurejo yang berjumlah 29 siswa. Sumber data berasal dari siswa, teman sejawat dan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data yang digunakan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan metode Quantum Teaching tipe TANDUR, dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika di kelas IV.

 

Kata Kunci: Quantum Teaching tipe Tandur, Hasil Belajar, Matematika.

 

Abstract: Aplication of  the Quantum Teaching tipe TANDUR  models to improve the learning outcomes of mathematics learning Elementary School Studies IV Grade. This research aimed to: improve learning outcomes mathematical operations in the fourth grade fractions. The research was conducted in three cycles. Subjects of this study is the IV graders of Elementary School Madurejo, which has 29 students. Data sources came from teachers ,  students and researchers. Data collection techniques using observation, documentation and testing. The validity of data using triangulation techniques and other methods. Analysis of the data used by the qualitative and quantitative analysis. The results showed that the application of  the Quantum Teaching tipe TANDUR models, can improve the liveliness student in the IV grades mathematics learning.

Keywords: Quantum Teaching type TANDUR, learning outcomes, Mathematics


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.