candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS V SD

NUR LAILA

Abstract


Abstract: Application Of Quantum Teaching Models An Efforts To Increase The Learning Quality Social Studies Fifth Grade Elementary School. The aims of this research are: (1) to describe the steps in the application of quantum teaching models an effort to increase the learning quality social studies fifth grade elementary school (2) to increase the learning teaching social studies fifth grade elementary school; (3) to know the constraints and solutions in the application of quantum teaching models on learning social studies fifth grade elementary school. This research has the shape of colaboration Class Actions Research. This research was held in 3 cycles. There were 4 stages in each cycle. They were planning, implementation, observation, and reflection. Data collection tecnhniques using observation, testing, documentation, and questionnaires. Quality of teaching has increased from cycle 1 to cycle. The percentage of student activity cycle I 74,8% and cycle II 86,7%. The percentage of motivation learning student cycle I 80,6% and cycle II 87,5%. While mastery learning student cycle I 92,9% and cycle II 98%.

Keywords: Quantum Teaching, Learning Quality, Social Studies Elementary School

Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPS Kelas V SD. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsiskan langkah-langkah penerapan model quantum teaching sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD; (2) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SD dengan model quantum teaching; (3) untuk mengetahui kendala dan solusi dalam penerapan model quantum teaching pada pembelajaran IPS kelas V SD. Penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilak-sanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi, dan kuesioner. Kualitas pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai Siklus II. Persentase keaktifan siswa siklus I 74,8% dan siklus II 86,7%. Persentase motivasi belajar siswa siklus I 80,6% dan siklus II 87,5%. Sedangkan ketuntasan belajar siswa siklus I 92,9% dan siklus II mencapai 98%.

 

Kata Kunci: Quantum Teaching, Kualitas Pembelajaran, IPS SD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.