candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL TEAM ASSISTED INDVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA VISUAL DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR

TOFI YAH

Abstract


Abstract: Application of Team Assisted Individualization (TAI) Models with Visual Media in Increase Fraction Learning in Fourth Grade Elementary School. This study aimed to describe increase fraction learning in the fourth grade of elementary school. This study is a collaborative action research conducted in three cycles, each cycle includes the planning, acting, observation and reflection. The results show that: (1) the application of learning steps TAI models with visual media can be run according to the scenario, (2) the application of TAI models with visual media can improve learning outcomes fraction fourth grade elementary school students. In the pre-action mastery percentage reached 0% of new students, having performed the action in the first cycle of students completeness percentage increas to 94,7%, in the second cycle increas to 89,5% and the third cycle increase to 94,7%.

Keywords: TAI models, visual media, fraction learning

Abstrak: Penerapan Model Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Visual dalam Peningkatan Pembelajaran Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran pecahan kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasilnya menunjukkan bahwa: (1) penerapan langkah-langkah pembelajaran model TAI dengan media visual dapat berjalan sesuai skenario, (2) penerapan model TAI dengan media visual dapat meningkatkan hasil belajar pecahan siswa kelas IV sekolah dasar. Pada pra tindakan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 0%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 94,7%, pada siklus II meningkat menjadi 89,5% dan siklus III meningkat kembali menjadi 94,7%.

Kata Kunci: model TAI, media visual, pembelajaran pecahan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.