candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMATIK (ANIMASI TEMATIK) DALAM PEMBELAJARAN TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SDN REJOSARI 03 SEMARANG

Guntur Setyo Budi, Purwadi Purwadi, Intan Rahmawati

Abstract


Abstract

This research is media development or commonly called R&D (research and development). The researcher develops ANIMATIC learning media (thematic animation) conducted at SDN Rejosari 03 Semarang. This research is only done at the research and data research (research and information gathering), planning (planing), developing product draft (developing product preliminary form), initial field trial (preliminary field trial), and revising the test result (product revision main). The research conducted is the result of data from media experts, material experts, student responses and teacher responses, the data are then in as follows: media experts 86% with criteria very feasible, material experts 93% with criteria very feasible, teacher response 88% very feasible, and student responses with 91.50 are properly deserved. The result of evaluation from 5th graders who are 45 people using ANIMATIK learning media (thematic animation) gives positive result that the students who get the above score KKM equal to 77% with good response. Thus the development of learning media ANIMATIK (thematic animation) can be used as a medium of learning and learning media as a medium of learning.

keywords: development, media, thematic animation, heat and displacement.

Abstrak

Penelitian ini adalah pengembangan media atau biasa disebut R&D (research and development). Peneliti mengembangkan media pembelajaran ANIMATIK (animasi tematik) yang dilaksanakan di SDN Rejosari 03 Semarang. Penelitian ini dilakukan hanya sampai tahap lima yaitu penelitian dan pengumpulan data (research and information collection), perencanaan (planing), pengembangan draf produk (develop preliminari form of product), uji coba lapangan awal (preliminari field testing), dan merevisi hasil ujicoba (main product revision). Dari penelitian yang di lakukan memperoleh hasil berupa data dari ahli media, ahli materi, respon siswa dan respon guru, data tersebut kemudian di olah dan di jabarkan sebagai berikut: ahli media 86% dengan kreteria sangat layak, ahli materi 93% dengan kriteria sangat layak, respon guru 88% kriteria sangat layak, dan respon siswa memperoleh 91,50% dengan kriteria sangat layak. Hasil evaluasi dari siswa kelas 5 yang berjumplah 45 orang menggunakan media pembelajaran ANIMATIK (animasi tematik) memberikan hasil positif yaitu bahwa siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebesar 77% dengan respon yang baik. Dengan demikian pengembangan  media pembelajaran ANIMATIK (animasi tematik) dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan dinyatakan layak sebagai media pembelajaran.

kata kunci: pengembangan, media, animasi tematik, panas dan perpindahannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.