candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DENGAN MEDIA FLASHCARD DALAM PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TANJUNGREJO TAHUN AJARAN 2016/2017

Tika Setianingsih, Wahyudi Wahyudi, Ngatman Ngatman

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Quantum Teaching dengan Media Flashcard dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas IV SD. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan melalui penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard. Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tanjungrejo dengan jumlah 19 siswa. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Quantum Teaching dengan media flashcard dapat meningkatkan pembelajaran Matematika tentang pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Tanjungrejo tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: Quantum Teaching,  flashcard, Matematika


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.