candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI 1 SIDOHARUM TAHUN AJARAN 2016/2017

Evi Ratna Astuti, Joharman Joharman, Suripto Suripto

Abstract


Abstrak: Penerapan Model Inkuiri Terbimbing dengan Media Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika tentang Bangun Datar pada Siswa Kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data berupa teknik tes dan nontes. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dihentikan setelah proses dan hasil belajar siswa mencapai KKM = 75 sebanyak 80% siswa serta indikator materi terpenuhi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model inkuiri terbimb ingdengan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang bangun datar pada siswa kelas VB SD Negeri 1 Sidoharum.

Kata Kunci: inkuiri terbimbing, media konkret, hasil belajar

 

Abstract: The Use of Guided Inquiry Model using Concrete Media in Improving Learning Outcome of Mathematics about Plane For The Fifth B Grade Students Of SD Negeri 1 Sidoharum In the academic year of 2016/2017. The objective of this research is to improve learning outcome of mathematics about plane through the use of guided inquiry model using concrete media for the fifth b grade students of SD Negeri 1 Sidoharum. This research is a collaborative Classroom Action Research (CAR). Each cycle consisted of planning, action, observation, and reflection. Subjects of the research were teacher and 20 students of the fifth B grade of SD Negeri 1 Sidoharum. Sources of data were derived from students, teacher, and observer. Techniques of collecting data were learning outcomes test, observation, interview, and documentation. Validity of data in this research was analyzed using triangulation of sources and triangulation of technique. Data were analyzed using quantitative and qualitative descriptiveanalysis consisting of data reduction, data display, and drawing conclusion or verification. This research was discontinued when the results and process of students had reached KKM = 75 about 80% students and the indicators had been completed. The results of this research show that the use of guided inquiry model using concrete media can improve learning outcome of mathematics about plane for the fifth b grade students of SD Negeri 1 Sidoharum in the academic year of 2016/2017.

Keywords: guided inquiry, concrete media, learning outcome, mathematics, plane.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat Penyunting dan Tata Usaha: PGSD Kampus Kebumen FKIP Universitas Sebelas Maret, Jalan Kepodang Nomor 67 A, Kebumen 54312 Telepon/Fax (0287) 381169, e-mail: kalamcendekia@gmail.com, Web: jurnal.fkip.uns.ac.id

Penyunting menerima artikel yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Petunjuk penulisan dapat dibaca pada bagian belakang jurnal. Naskah yang masuk dievaluasi oleh penyunting. Penyunting dapat melakukan perubahan tulisan yang dimuat untuk keseragaman format, tanpa mengbah maksud dan isinya.

Isi di luar tanggung jawab penerbit.