candi borobudur kerajaan di indonesia

PSIKOLOGI TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL-NOVEL KARYA TERE LIYE SERTA RELEVANSINYA TERHADAP BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DI SMA

Tri Isti Palupi, Sumarlam Sumarlam, Raheni Suhita

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana psikologi tokoh utama novel-novel karya tere liye berdasarkan teori hirarki kebutuhan Abraham Maslow, nilai pendidikan apa saja yang terkandung dalam novel-novel karya Tere Liye, dan bagaimana relevansi novel-novel karya Tere Liye sebagai bahan ajar di SMA kelas XII. Novel-novel karya Tere Liye yang digunakan yaitu novel Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin dan novel Hujan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif, dengan cara mendeskripsikan aspek psikologi tokoh utama dalam novel-novel karya Tere Liye, dan mendeskrisikan nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama dalam novel novel Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin dan novel Hujan karya Tere Liye telah mencapai semua tingkatan dalam hirarki kebutuhan. Tokoh Tania maupun tokoh Lail telah berhasil memenuhi kebutuhan fisiologis, rasa aman, cinta dan memiliki, harga diri, hingga aktualisasi diri. Nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel-novel karya Tere Liye yaitu: peduli lingkugan, gemar membaca, peduli sosial, komunikatif, kreatif, rasa ingin tahu, cinta damai, meghargai prestasi, toleransi, religious, kerja keras, jujur, toleransi, disiplin, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, dan cinta tanah air. Novel Daun Yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin dan novel Hujan karya Tere Liye dapat dijadikan alternative bahan ajar kelas XII SMA karena sesuai baik dilihat dari segi novel maupun kurkulum.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.