candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGINTREGASIAN LITERASI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA STUDI DI SMA NEGERI 1 CILACAP

Diardana Prima Sintasari, Andayani Andayani, Sarwiji Suwandi

Abstract


Di era globalisasi, informasi telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan manusia. Pemanfaatannya telah merambah keseluruh aspek kehidupan. Teknologi informasi merupakan sarana yang menyediakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak ada habis-habisnya untuk digali dan dimanfaatkan oleh siapa saja yang membutuhkannya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu Untuk Mendeskripsikan dan Menjelaskan Perencanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Literasi Informasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Cilacap, Untuk Mmendeskripsikan dan Menjelaskan Pelaksanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Literasi Informasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Cilacap, Untuk Mendeskripsikan dan Menjelaskan Hambatan dan Solusi dalam Mengatasi Pelaksanaan Pembelajaran yang Mengintegrasikan Literasi Informasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Cilacap. Bentuk atau strategi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan strategi studi kasus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru dan siswa yang telah menjadi responden. Dalam penelitian ini digunakan purposive sampling, yang berarti teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil penelitian ini yaitu perencanaan pembelajaran yang mengintegrasikan literasi informasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia, diantaranya guru menyusun perangkat pembelajaran yang dipakai sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran antara lain Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan, Program Semester. Pelaksanaan pembelajaraan seperti adanya metode pembelajaran, media pembelajaran, sarana dan prasarana serta evaluasi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.