candi borobudur kerajaan di indonesia

MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI CERPEN DI SMA

Imanudin Hari Setyoko, Andayani Andayani, Budhi Setiawan

Abstract


Pendidikan merupakan faktor penting dalam kehidupan. Dalam pendidikan terdapat sebuah pembelajaran yang memerlukan sebuah strategi agar dapat berjalan dengan baik salah satunya adalah model yang merupakan salah satu model pembelajaran yang dirancang untuk mengembangkan kreativitas siswa. Pemecahan masalah memerlukan penelitian secara ilmiah, dan sekaligus memerlukan kreativitas, baik dalam proses maupun dalam cara-cara pemecahan. Ada dua strategi atau model pembelajaran yang mendasari prosedur sinektik, yaitu Strategi Pertama: Menciptakan sesuatu yang baru. Strategi ini dirancang untuk mengenal keanehan, akan membantu para siswa memahami masalah, ide, atau produk dalam sesuatu yang baru yang akhirnya memperjelas kreatif. Strategi Kedua: Memperkenalkan keanehan. Strategi ini dirancang untuk membuat sesuatu yang baru, ide-ide yang tidak dikenal akan lebih berarti, kita melaksanakannya dengan analogi yang telah dikenal siswa. Apresiasi Sastra Cerpen merupakan sebuah tanggapan atau pemahaman terhadap suatu karya sastra. Apresiasi bertujuan untuk memahami, mengenal dan menikmati karya sastra sehingga seseorang diposisikan sebagai apresiator, tindakan ini dapat dilakukan melalui sebuah pendekatan unsur yang membangun sebuah karya sastra.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.