PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENDIDIKAN KARAKTER TERPADU
Sutijan Sutijan, Hasan Makhfud, Lies Lestari, Chumdari Chumdari
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menemukan prototipe instrumen penilaian pendidikan karakter terpadu dan (2) menguji validitas instrumen penilaian pendidikan karakter dan keterhandalannya. Penelitian ini terdiri dari dua tahap, yaitu: (1) studi pustaka dan eksplorasi pendidikan karakter terpadu untuk membantu guru dan siswa dalam mengevaluasi pendidikan karakter, (2) mengembangkan instrumen pendidikan karakter terpadu. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner untuk guru sebanyak 80 item, kuesioner untuk uji siswa sebanyak 80 item, dan kuesioner untuk orang tua sebanyak 40 item. Validitas tes ini diambil dari cetak biru dan konstruksi yang dikembangkan dari 18 aspek karakter. Hasil analisis instrumen ini dapat dikemukakan: (1) kuesioner guru ditemukan r = 0,398307. Hal ini menunjukkan bahwa kuesioner ini dapat dihandalkan; (2) tes siswa ditemukan r = 0,0481171. Hal ini menunjukkan bahwa tes ini dapat dihandalkan; dan (3) kuesioner orang tua ditemukan r = 0,424852. Hal ini menunjukkan bahwa kuesioner ini dapat dihandalkan pada tingkat signifikansi 5%.
Keywords
instrumen penilaian; pendidikan karakter; validitas tes; reliabilitas tes