candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1SMA NEGERI GONDANGREJO PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL ARCS (ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE AND SATISFACTION)

Thea Marcelina, Imam Sujadi, Getut Pramesti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan model ARCS yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri Gondangrejo pada mata pelajaran matematika, mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri Gondangrejo pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran ARCS. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah datasecara deskriptif yang berisi tentang analisa terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti pada setiap pertemuan, presentase dari skor yang diperoleh dari beberapa indikator motivasi belajar siswa dan skor hasil tes akhir siklus yang diperoleh siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalahsetiap  indikator motivasi belajar memperoleh pencapaian minimal 70% dari jumlah seluruh siswa dan setidaknya 70% siswa telah mencapai KKM. Langkah pembelajaran dengan model ARCS yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar matematika adalah guru menyampaikan apersepsi yang menarik,  menyampaikan tujuan pembelajaran dan menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Guru menyampaikan kaitan materi yang akan dipelajari dengan kehidupan sehari-hari siswa. Guru membentuk beberapa kelompok dan memberikan LKS kepada masing-masing kelompok agar dikerjakan secara berdiskusi, setelah selesai berdiskusi dilakukan presentasi dan penghargaan kepada kelompok terbaik.  Guru memberikan kuis dan pekerjaan rumah, yang terakhir guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya dan menutup pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, siklus I rata-rata perentasemotivasi belajar siswa sebesar55,4% dan siklus II menjadi 77,2%.  Persentase hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I sebesar 48% dan siklus II sebesar 72%.


Keywords


ARCS (Attention, Relevance, Confidence and Satisfaction), motivasi belajar, ketuntasan belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.