candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MATHEMATICS MOTIVATED LEARNING MODEL ARCS SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG SISWA KELAS XI IPS TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan di SMA N 1 Karanganyar)

Wirani Dwi Hapsari, Bambang Sugiarto, Dhidhi Pambudi

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar serta pemahaman konsep siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 pada materi peluang melalui penerapan strategi Mathematics Motivated Learning model ARCS. Sumber data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi, hasil angket, dan hasil tes tiap akhir siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data motivasi belajar yang diperoleh melalui angket dilakukan melalui pemberian skor pada tiap jawaban yang diberikan siswa, kemudian dihitung rataan skor tiap indikatornya. Selanjutnya untuk teknik analisis data motivasi belajar yang diperoleh malalui observasi adalah dengan analisis deskriptif. Dan untuk teknik analisis data pemahaman konsep siswa adalah dengan pemberian level skor pemahaman pada tiap siswa. Validitas data motivasi belajar siswa dapat diperoleh melalui triangulasi waktu dan metode, sedangkan validitas data pemahaman siswadapat diperoleh melalui triangulasi sumber.

Hasil penelitian menyimpulkan penerapanstrategi Mathematics Motivated Learning model ARCSpada materi peluang dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Hal ini didasarkan pada hasil yang diperoleh pascatindakan. Sebelum penerapan strategi Mathematics Motivated Learning model ARCS, motivasi belajar siswa untuk kategori cukup tinggi baru mencapai persentase 18%, dan pemahaman konsep untuk level skor pemahaman 3 baru mencapai persentase 14,71%. Selanjutnya setelah diterapkan strategi Mathematics Motivated Learning model ARCSmotivasi belajar siswauntuk kategori cukup tinggi meningkat menjadi 26,47% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 82,35% pada siklus II,sedangkan pemahaman konsep untuk level skor pemahaman 3 meningkat menjadi 47,06% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 67,65% pada siklus II

 


Keywords


strategi Mathematics Motivated Learning model ARCS, motivasi belajarsiswa, pemahaman konsep siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.