candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN RESPON POSITIF DAN PEMAHAMAN SISWA

Anita Purnamasari, Dyah Ratri Aryuna, Dwi Maryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E yang dapat meningkatkan pemahaman dan respon positif siswa kelas VIII D SMP N 1 Mojolaban, untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dan untuk mengetahui peningkatan respon positif siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model Learning Cycle 5E. Teknik pengumpulan data adalah dengan metode observasi, tes dan dokumen. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah respon positif siswa berada dalam kategori tinggi dan setidaknya 75% siswa mencapai level skor lebih dari atau sama dengan 2 untuk setiap indikator pemahaman siswa berdasarkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) tahun 2006.

Hasil penelitian menyimpulkan dengan pelaksanaan tindakan kelas melalui penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi luas permukaan dan volume pada Prisma dan Limas dapat meningkatkan respon positif dan pemahaman siswa. Hal ini didasarkan pada hasil observasi dan hasil tes.

Data hasil observasi, rata-rata prosentase respon positif siswa pada siklus I sebesar 66,7% dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 9,89% menjadi 76,59%. Sedangkan dari hasil tes, pada indikator menyatakan ulang suatu konsep meningkat sebesar 6,07%. Untuk indikator mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya) tidak terjadi peningkatan. Pada indikator memberi contoh dan non-contoh suatu konsep, meningkat sebesar 3,03%.  Untuk indikator menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representatif matematis meningkat sebesar 57,57%. Untuk indikator mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep meningkat sebesar 75,75%. Untuk indikator menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu meningkat sebesar 36,37%, sedangkan pada indikator mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah meningkat sebesar 27,27%.

Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan respon positif dan pemahaman siswa kelas VIIID SMP Negeri 1 Mojolaban tahun ajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari ketercapaian indikator keberhasilan yaitu respon positif siswa berada dalam kategori tinggi dan 75% siswa mencapai level skor lebih dari sama dengan 2.


Keywords


Learning Cycle 5E, pemahaman matematika, respon positif

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.