STUDI KOMPARASI METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN TEAM-ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DITINJAU DARI PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X SEMESTER II PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI DI SMAN 4 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penggunaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat memberikan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan metode Student Teams Achievement Division (STAD) pada materi pokok Stoikiometri kelas X SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian in menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Posttest Comparison Group Design. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Populasi penelitian adalah siswa kelas X MIA semester gasal SMA Negeri 4 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan data penelitian menggunakan tes pengetahuan, angket sikap dan observasi keterampilan. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) metode pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar aspek pengetahuan dan keterampilan lebih baik dibandingkan metode STAD yang dibuktikan dari hasil uji t-pihak kanan harga thitung prestasi belajar aspek pengetahuan (2,12) lebih besar dari ttabel (1,67) dan aspek keterampilan (2,00) lebih besar dari ttabel (1,67), 2) tidak terdapat perbedaan prestasi belajar aspek sikap. Yang dibuktikan dari hasil uji t-pihak kanan harga thitung prestasi belajar aspek sikap (1,17) lebih kecil dari ttabel (1,67).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)