candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATERI TERMOKIMIA TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ninik Triayu Susparini, Ashadi Ashadi, Mohammad Masykuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi, (2) mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi hasil belajar siswa yang meliputi aspek respon sikap dan aspek keterampilan siswa kelas XI di SMA N 1 Sukoharjo pada materi Termokimia.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian ditentukan secara acak melalui teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi siswa dan metode non tes yang meliputi angket,observasi, jurnal guru untuk mengukur hasil belajar aspek respon sikap dan observasi,proyek,laporan untuk mengukur hasil belajar aspek keterampilan. Uji hipotesis penelitian menggunakan analisis multivariat (uji manova).Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap keterampilan berfikir tingkat tinggi siswa, dari hasil uji parametrik Manova, diketahui signifikansi keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa 0 ,589 (>0,05 : H0 diterima), (2) tidak ada perbedaan pengaruh penggunaan model Inkuiri Terbimbing dan Inkuiri Bebas Termodifikasi terhadap hasil belajar aspek sikap, namun ada perbedaan untuk aspek keterampilan. Dari hasil uji non parametrik Kruskall-Wallis, diketahui signifikansi hasil belajar aspek sikap 0,574 (>0,05 : H0 diterima) sedangkan hasil uji parametrik Manova, diketahui signifikansi keterampilan 0,000 (<0,05: H0 ditolak)


Keywords


Penelitian Eksperimen; Inkuiri Terbimbing; Inkuiri Bebas Termodifikasi; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats