candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CPS DISERTAI JURNAL SISWA (DIARY BOOK) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI SISWA PADA MATERI POKOK KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

Nurul Khotimah, Sri Yamtinah, Mohammad Masykuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 melalui penerapan model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) disertai Jurnal Siswa (Diary Book) pada materi pokok kelarutan dan hail kali kelarutan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 2 semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (angket, observasi, dan wawancara). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 76,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%.Peningkatan prestasi belajar untuk aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 63,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,67%, pada aspek sikap pada siklus I ketercapaiannya sebesar 80% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,33%. Sedangkan untuk aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran model pembelajaran Cooperative Problem Solving (CPS) disertai Jurnal Siswa (Diary Book) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 2 semester II SMA Negeri 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015.


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; CPS; Jurnal Siswa; Aktivitas Belajar; Prestasi Belajar; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats