candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DILENGKAPI JURNAL PRIBADI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X.3 SMA MUHAMMADIYAH 1 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rose Oriza, Sri Yamtinah, Ashadi Ashadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa pada materi pokok stoikiometri melalui penerapan pembelajaran kooperatif Time Token. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.3 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar tahun pelajaran 2014/2015. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif time token dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan prestasi belajar siswa pada materi pokok stoikiometri. Pada siklus I, persentase kemampuan bertanya siswa adalah 75,68%. Dari pertanyaan siswa yang muncul sebanyak 80,34% pertanyaan adalah pertanyaan diatas C1 dan Fakta. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari aspek kognitif dan aspek afektif. Ketercapaian dari aspek afektif siklus I adalah 78%. Sedangkan aspek kognitif, ketercapaian belajar siswa pada siklus I 32,43% dan meningkat pada siklus II menjadi 78,37%. 


Keywords


Penelitian Tindakan Kelas; Time Token; Kemampuan Bertanya; Prestasi Belajar; Stoikiometri

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats