candi borobudur kerajaan di indonesia

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DILENGKAPI LKS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR MATERI KONSEP MOL SISWA KELAS X SMA N 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Lilik Budi Suryani, Agung Nugroho Catur Saputro, Kus Sri Martini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan analisis siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran Problem Posing dilengkapi LKS pada materi konsep mol pada SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 3 SMA Negeri 8 Surakarta. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi atau arsip. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ketercapaian kemampuan analisis siswa sebesar 36,00% pada siklus I menjadi 60,00% pada siklus II. Prestasi belajar aspek kognitif meningkat dari 60,00% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II, sedangkan ketercapaian prestasi belajar aspek sikap sebesar 100% pada siklus I maupun siklus II. Dari angket respon balikan siswa diketahui sebesar 100% siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Posing dilengkapi LKS. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar dan kemampuan analisis siswa.

Keywords


Kemampuan Analisis; Problem Posing; LKS; Konsep Mol; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats