UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA LABORATORIUM PADA MATERI POKOK STOIKIOMETRI KELAS X-MIA 3 SMA NEGERI 5 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) kemampuan analisis siswa pada materi stoikiometri melalui strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium, (2) prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri melalui strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research). Analisis data menggunakan teknik analisis deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi stoikiometri. Pada siklus I siswa yang tergolong memiliki kemampuan analisis tinggi sebesar 41,38% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. (2) Penerapan strategi Problem Based Learning (PBL) dengan media laboratorium dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi stoikiometri. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 55,17% dan meningkat menjadi 86,21% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan Based Learning (PBL) dengan menggunakan media laboratorium dapat meningkatkan kemampuan analisis dan prestasi belajar siswa kelas X-MIA 3 SMA Negeri 5 Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)