candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MODUL PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI SEMESTER GASAL SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Nirmala Chayati, Ashadi Ashadi, Suryadi Budi Utomo

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan  prestasi belajar siswa di kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dan Student Teams Achievement Division (STAD) dengan bahan ajar modul dalam materi termokimia, di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak atau  cluster random sampling, adalah 2 kelas dari kelas XI dan berjumlah 64 siswa. Data yang diperoleh didapat dari nilai kognitif pretest dan posttest, serta nilai posttest afektif. Penelitian ini menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran NHT memberikan hasil prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan penggunaan metode pembelajaran STAD, baik dari penilaian secara kognitif maupun afektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji t-pihak kanan dengan taraf signifikansi 5%. Dimana hasil uji t-pihak kanan untuk prestasi belajar kognitif dan afektif masing-masing diperoleh thitung = 2,676 > ttabel = 1,671 dan thitung = 1,81 > ttabel = 1,671.

Keywords


Numbered Head Together (NHT); Student Teams Achievment Division (STAD); Module, Learning Achievement, Thermochemistry

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats