candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DAN TPS TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA SEMESTER GENAP SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Marantika Lia Kristyasari, Mohammad Masykuri, Budi Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT dan TPS, kemampuan matematika serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA3 dan XI IPA4 SMA N 8 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh prestasi belajar kognitif dan afektif siswa dengan model NHT dan TPS, terdapat pengaruh prestasi belajar kognitif siswa dengan kemampuan matematika dan rendah serta tidak terdapat pengaruh belajar afektif siswa dengan kemampuan matematika dan rendah. Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran NHT dan TPS terhadap prestasi belajar kognitif siswa dan afektif siswa.

Keywords


NHT, TPS, Kemampuan Matematika, Prestasi Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats