PEMBELAJARAN METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) BERBANTUAN DEMONSTRASI DAN KREATIVITAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID KELAS XI SMA N SUMPIUH SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh penggunaan metode pembelajaran TGT berbatuan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid, pengaruh kreativitas tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar pada materi pokok sistem koloid, Interaksi antara pembelajaran metode TGT berbantuan demonstrasi dengan kreativitas siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Sumpiuh tahun ajaran 2011/ 2012. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling sejumlah 2 kelas. Kelas eksperimen dikenai metode TGT berbantuan demonstrasi dan kelas kontrol dikenai metode konvensional. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes dan nontes (angket). Teknik tes untuk prestasi kognitif, sedangkan teknik nontes (angket) untuk kreativitas. Analisis data menggunakan Analisis Variansi dua jalan dengan sel tak sama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh penggunaan metode TGT berbantuan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok sistem koloid (sig= 0,028), hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan metode TGT berbantuan demonstrasi lebih efektif daripada metode konvensional. (2) terdapat pengaruh kreativitas tinggi, sedang dan rendah terhadap prestasi belajar siswa(sig= 0,011), siswa yang memiliki kreativitas tinggi memperoleh rata-rata prestasi lebih tinggi dibandingkan dibandingkan siswa yang memiliki kreativitas sedang maupun rendah. (3) tidak ada interaksi antara metode TGT berbantuan demonstrasi dan kreativitas terhadap prestasi belajar siswa(sig= 0,475).
Keywords
TGT; Demonstrasi; Kreativitas; Prestasi Belajar; Sistem Koloid
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.