candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE TAI DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN KEINGINTAHUAN SISWA PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Emi Liawati, Ashadi Ashadi, Widiastuti Agustina Eko Setyowati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh  metode pembelajaran kooperatif TAI dan problem solving terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan siswa, (2) Pengaruh keingintahuan siswa terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan siswa siswa, (3) Interaksi metode pembelajaran kooperatif TAI dan problem solving dengan keingintahuan siswa terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan siswa siswa. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas dikenai TAI dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas dikenai Problem Solving. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah anava dua jalan sel tak sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Metode pembelajaran kooperatif TAI memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada metode Problem Solving pada aspek pengetahuan, tetapi tidak berpengaruh pada aspek sikap dan ketrampilan siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rataan prestasi belajar aspek pengetahuan TAI dan Problem Solving berturut-turut 3,32 dan 3,05, (2) Siswa dengan keingintahuan tinggi memberikan prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan keingintahuan rendah pada aspek pengetahuan dan sikap siswa, tetapi tidak berpengaruh pada aspek ketrampilan. Siswa dengan keingintahuan tinggi dan rendah memiliki prestasi belajar aspek pengetahuan berturut-turut 3,294 dan 3,070, sedangkan prestasi belajar aspek sikap dengan keingintahuan tinggi dan rendah berturut-turut 3,279 dan 2,967, (3) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran TAI dan Problem Solving dengan keingintahuan siswa terhadap prestasi belajar aspek pengetahuan, sikap, dan ketrampilan.


Keywords


Team Assisted Individualization; Problem Solving; Keingintahuan Siswa; Prestasi Belajar; Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats