UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN METODE CONSTRUCTIVE CONTROVERSY (CC) PADA MATERI ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT BAGI PESERTA DIDIK KELAS X MIA 2 SEMESTER GENAP SMA BATIK 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan siswa dan prestasi belajar menggunakan metode Constructive Controversy pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit bagi siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode Constructive Controversy (CC) dapat meningkatkan keaktifan siswa (dari 77,50% pada siklus I menjadi 77,71% pada siklus II) dan prestasi belajar (pencapaian persentase aspek pengetahuan meningkat dari 64,71% pada siklus I menjadi 75,00% siklus II; persentase aspek sikap siswa meningkat dari 97,06% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II; dan persentase ketuntasan aspek keterampilan meningkat dari 72,73% pada siklus I menjadi 75,76% pada siklus II).
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.