candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN KOOPERATIVE METODE Team Games Tournament (TGT) DAN Team Assissted Individuallized (TAI) PADA SUB POKOK BAHASAN KONSEP MOL DI SMA NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Kartika Putri Anggraini, Ashadi Ashadi, Budi Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan (1) Prestasi belajar kompetensi pengetahuan menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Individuallized (TAI), (2) Prestasi belajar kompetensi sikap menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) dan Team Assisted Individuallized (TAI). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2013/ 2014 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t-pihak kanan, data yang diperoleh sebelumnya harus memenuhi uji prasyarat yaitu meliputi uji homogenitas, uji normalitas dan uji t-matching. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Prestasi belajar kompetensi pengetahuan pada sub pokok bahasan konsep mol menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada metode Team Assisted Individuallized (TAI), hal ini ditunjukan dari rerata masing-masing 84,39 dan 82,56 (2) Prestasi belajar kompetensi sikap pada sub pokok bahasan konsep mol menggunakan metode Teams Games Tournament (TGT) lebih baik dari pada metode Team Assisted Individuallized (TAI), hal ini ditunjukan dari rerata masing-masing 3,60 dan 3,42.


Keywords


TGT; TAI; Prestasi Belajar; Konsep Mol

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats