candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN PEER TUTORING DILENGKAPI ANIMASI MACROMEDIA FLASH DAN HANDOUT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 4 SMAN 6 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/2014 PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN

Enggar Mawarni, Bakti Mulyani, Sri Yamtinah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi berprestasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA 4 semester genap SMA Negeri 6 Surakarta tahun pelajaran 2013/2014 pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan dengan penerapan pembelajaran Peer Tutoring dilengkapi animasi Macromedia Flash dan Handout. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan  Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran  2013/2014 yang berjumlah 24 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan nontes (observasi, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran peer tutoring dilengkapi animasi macromedia flash dan handout dapat meningkatkan: (1) motivasi berprestasi siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan, pada siklus I diperoleh persentase pencapain motivasi berprestasi siswa sebesar 67% meningkat menjadi 92% pada siklus II (2) prestasi belajar dalam aspek kognitif maupun afektif siswa kelas XI IPA 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa 58%, sedangkan pada siklus II mencapai 83%. Untuk aspek afektif pada siklus I persentase pencapaiannya sebesar 71% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.

 


Keywords


Peer Tutoring; Animasi Macromedia Flash; Handout; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats