candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI MEDIA VIRTUAL DAN RIIL PADA PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT (STAD) MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 7 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013/ 2014

Suci Tri Hidayah Wati, Suryadi Budi Utomo, Ashadi Ashadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh metode pembelajaran STAD  menggunakan media virtual dan riil terhadap prestasi belajar siswa, (2) pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa, (3) interaksi pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan virtual dan riil dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan kelas X IPS 2 SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2013/ 2014 yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Anava Dua Jalan dengan faktor 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) prestasi belajar aspek kognitif siswa pada metode pembelajaran STAD menggunakan media virtual lebih baik dari pada media riil, hal ini ditunjukkan dari rerata masing–masing 85,15 dan 78,06. Sedangkan pada aspek afektif tidak ada pengaruh terhadap prestasi belajar siswa, (2) tidak terdapat pengaruh sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran STAD menggunakan media virtual dan riil dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa dengan ditunjukkan nilai masing-masing uji anava Fhitung < Ftabel yaitu 0,09 < 4,00 dan Fhitung < Ftabel yaitu 1,23 < 4,00

Kata Kunci : Media Riil, Media Virtual, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats