STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN PRAKTIKUM DAN DEMONSTRASI PADA METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI ILMU ALAM SMA AL ISLAM 1 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa metode problem solving dilengkapi praktikum lebih efektif dibanding metode problem solving dilengkapi demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI Ilmu Alam SMA Al Islam 1 Surakarta tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian “Randomize Control Group Pretest Posttest Design”. Penelitian ini menggunakan 3 kelas subjek yaitu 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Kelas eksperimen 1 dengan metode problem solving dilengkapi praktikum, kelas eksperimen 2 dengan metode problem solving dilengkapi demonstrasi dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Teknik pengumpulan data prestasi belajar kognitif menggunakan tes objektif. Analisis data menggunakan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode problem solving dilengkapi praktikum lebih efektif dibanding metode problem solving dilengkapi demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t pihak kanan dimana thitung = 2,915 > ttabel = 1,67 dengan taraf signifikansi 5%.
Kata kunci : problem solving, praktikum, demonstrasi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)