candi borobudur kerajaan di indonesia

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI KOLOID KELAS XI TAHUN AJARAN 2012/2013 DI SMA N 1 KARANGANYAR

Kristin Wijaya Nusantara, Mohammad Masykuri, Nanik Dwi Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid; (2)pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid; (3) interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe NHT  menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2 dengan populasi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sejumlah 2 kelas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik tes (kognitif), angket (afekif), dan observasi (psikomotor). Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan metode eksperimen dan demonstrasi terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi koloid; (2) terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif, afektif, dan psikomotor pada materi koloid.; (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran kooperatif tipe NHT menggunakan metode eksperimen dan demonstrasi dengan kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi belajar siswa aspek kognitif dan psikomotor pada materi koloid, tetapi pada aspek afektif terdapat interaksi.

Kata Kunci: Numbered Heads Together, Eksperimen, Demonstrasi, Kemampuan Berpikir Kritis, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats