candi borobudur kerajaan di indonesia

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) YANG DILENGKAPI MEDIA KARTU BERPASANGAN (INDEX CARD MATCH ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI IKATAN KIMIA KELAS X SEMESTER GASAL SMA N 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Dian Anita Nugraha, Elfi Susanti V. H., Mohammad Masykuri

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas metode Think Pair Share (TPS) yang dilengkapi media kartu berpasangan terhadap prestasi belajar materi pokok ikatan kimia siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar semester 1 tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian Randomize Control Group Pretest Postest Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2012/1013. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu X.4 sebagai kelas eksperimen (metode Think Pair Share (TPS) yang dilengkapi index card match dan X.3 sebagai kelas kontrol (metode konvensional). Teknik pengumpulan data prestasi aspek kognitif menggunakan metode tes, dan prestasi aspek afektif siswa menggunakan metode angket. Teknik analisis data menggunakan uji-t pihak kanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Think Pair Share (TPS) yang dilengkapi  index card match efektif meningkatkan prestasi belajar siwa pada pokok bahasan ikatan kimia siswa kalas X SMA Negeri 2 Karanganyar semester I tahun pelajaran 2012/2013 dibuktikan dengan harga nilai thitung yaitu -2,03 sedangkan ttabel -1,96 (thitung < -ttabel) maka H0 ditolak untuk prestasi belajar kognitif, sehingga prestasi belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan harga nilai thitung yaitu -2.67  sedangkan ttabel sebesar -1,96             (thitung < -ttabel) maka H0 ditolak untuk prestasi belajar afektif, sehingga prestasi belajar afektif kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Kata Kunci: Think Pair Share, index card match, prestasi belajar, ikatan kimia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats