candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI LKS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI TERMOKIMIA DI SMA NEGERI 8 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Triyanto Ardi, Tri Redjeki, Budi Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilengkapi LKS dapat memberikan prestasi belajar yang lebih baik dibanding metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) yang dilengkapi LKS terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Termokimia kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Pretest-Posttest Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IA semester gasal SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan data penelitian menggunakan tes kognitif dan angket afektif. Teknik analisis data menggunakan uji t-pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) metode pembelajaran TAI memberikan prestasi belajar kognitif yang lebih baik dibandingkan metode STAD, 2) metode pembelajaran TAI dan STAD memberikan prestasi belajar afektif yang yang sama  pada materi pokok Termokimia kelas XI SMA Negeri 8 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji t-pihak kanan harga thitung prestasi belajar aspek kognitif (2,97) lebih besar dari ttabel (1,68) dan aspek afektif (-0,73) lebih kecil dari ttabel (1,68).

Kata kunci: STAD, TAI, Prestasi Belajar, Termokimia

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats