candi borobudur kerajaan di indonesia

STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN MACROMEDIA FLASH DAN LKS (LEMBAR KERJA SISWA) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI ASAM, BASA DAN GARAM KELAS VII SMP NEGERI 1 JATEN KARANGANYAR

Hanik Nur Fadliana, Tri Redjeki, Nanik Dwi Nurhayati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh penggunaan metode PBL dengan macromedia flash dan LKS terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan asam, basa dan garam; (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan asam, basa dan garam; (3) interaksi antara metode PBL yang dilengkapi macromedia flash dan LKS dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan asam, basa dan garam. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Desain Faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 1 Jaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode tes untuk prestasi belajar kognitif dan metode angket untuk motivasi belajar. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan. Persyaratan uji normalitas dengan menggunakan uji kolmogorov-smirnov, persyaratan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene, uji komparasi ganda dengan metode scheffe. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat: 1) pengaruh penggunaan metode PBL dengan macromedia flash dan LKS terhadap prestasi belajar siswa dengan perbandingan rerata nilai adalah 27,87 > 18; 2) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan rerata nilai untuk kategori tinggi adalah 30,316 > 19,059 untuk kategori rendah adalah 22,910 > 16,615; dan 3) tidak ada interaksi antara metode PBL dengan macromedia flash dan LKS dengan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar.

Kata Kunci: PBL, Macromedia Flash,  LKS, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats