PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA SMA DAN MA
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada materi koloid sebagai sumber belajar mandiri dan mengetahui kualitas multimedia pembelajaran pada materi tersebut. Penelitian ini mengacu pada metode penelitian dan pengembangan (Reaserach and Development). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA dan MA Assalaam Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengujian kualitas multimedia menggunakan metode angket dan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran dapat dikembangkan melalui metode penelitian dan pengembangan dan multimedia pembelajaran yang dikembangkan secara umum memiliki kualitas yang baik berdasarkan penilaian tim ahli, peserta didik dan guru; efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik serta memiliki perfomance yang lebih baik bila dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kata Kunci : penelitian dan pengembangan, multimedia pembelajaran, sumber belajar mandiri, kualitas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)