candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN SIKLUS BELAJAR 5E DISERTAI STRATEGI DIAGRAM VEE UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KELARUTAN DAN HASIL KELARUTAN DI SMA NEGERI 2 KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Lu'luin Nur Hasanah, Endang Susilowati, Budi Utami

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan siklus belajar 5E disertai strategi diagram Vee terhadap peningkatan kualitas proses dan hasil belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan perencanaan berupa penyusunan yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 5E, dilanjutkan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2011/2012. Data diperoleh melalui pengamatan, wawancara dengan guru, angket, tes dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan siklus belajar 5E (learning cycle 5E) yang disertai dengan diagram Vee dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa (keaktifan siswa meningkat dari siklus I 70,17% menjadi 76,73% pada siklus II) dan kualitas hasil belajar siswa (ketuntasan siswa meningkat dari siklus I 29,17% menjadi 79,17% pada siklus II). Dari aspek afektif menunjukkan bahwa terjadi peningkatan presentase kualitas proses belajar dari  siklus I 80,61% menjadi 84,29%, pada aspek psikomotorik nilai 3= 37,50%; 2= 47,68%; 1= 19,45.

Kata Kunci: siklus belajar 5E, diagram Vee, kualitas proses dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats