PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) YANG DILENGKAPI EKSPERIMEN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUALTERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATERI POKOK KOLOID DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMORI SISWA KELAS XIIA SMAN 8 SURAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran STAD yang dilengkapi laboratorium riil dan virtual, perbedaan pengaruh kemampuan memori tinggi dan rendah, dan interaksi antara pembelajaran kimia menggunakan metode pembelajaran STAD yang dilengkapi laboratorium riil dan virtual dengan kemampuan memori siswa terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2.Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel penelitian yaitu kelas eksperimen I (STAD-Lab. Riil) dan kelas eksperimen II (STAD-Lab. Virtual).Teknik pengumpulan data prestasi belajar, yaitu aspek kognitif dengan metode test, aspek afektif dengan metode angket dan kemampuan memori dengan metode asosiasi berpasangan. Teknik analisis data untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Dari penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran STAD yang dilengkapi laboratorium riil dan virtual terhadap prestasi belajar kognitif, namun tidak terdapat perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran STAD yang dilengkapi laboratorium riil dan virtual terhadap prestasi belajar afektif, terdapat perbedaan pengaruh kemampuan memori tinggi rendah terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif, tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran STAD yang dilengkapi media laboratorium riil dan virtual dengan kemampuan memori dilihat dari prestasi belajar kognitif dan afektif.
Kata kunci: STAD, Laboratorium Riil, Laboratorium Virtual, Kemampuan Memori, Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)