candi borobudur kerajaan di indonesia

UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DILENGKAPI LKS PADA MATERI TERMOKIMIA SISWA KELAS XI IPA-3 SMA NEGERI 6 SURAKARTA

Febri Baskoro, Sulistyo Saputro, Budi Hastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah: 1) Penerapan model pembelajaran NHT dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI IPA-3 pada materi Termokimia. 2) Penerapan model pembelajaran NHT dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XI IPA-3 pada materi Termokimia. Metode penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 Surakarta tahun ajaran 2012/ 2013. Data penelitian yang diambil berupa prestasi belajar kognitif, afektif, aktivitas belajar siswa serta kepuasan belajar siswa sebagai gambaran tanggapan siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes prestasi kognitif, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan menunjukkan: 1) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilengkapi LKS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi Termokimia. 2) Model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dilengkapi LKS dapat meningkatkan prestasi belajar materi Termokimia.

Kata kunci: Numbered Head Together, penelitian tindakan kelas, aktivitas dan prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret 
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126 
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats Site Stats