STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada pembelajaran kimia dengan metode pembelajaran kooperatif TAI dan NHT; pengaruh aktivitas belajar siswa serta interaksinya terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan penelitian desain faktorial 22. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2011/2012. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Pengambilan sampel dilakukan secara Cluster Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes objektif, dan angket, dan observasi. Analisis data menggunakan Analisis Variansi Dua Jalan dengan Sel Tak Sama. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif dengan metode pembelajaran TAI dan NHT yang pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (2) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar afektif dengan metode pembelajaran TAI dan NHT pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (3) Terdapat perbedaan prestasi belajar kognitif antara aktivitas belajar tinggi dan rendah pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (4) Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar afektif antara aktivitas belajar tinggi dan rendah pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan; (5) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran TAI dan NHT dengan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa pada materi pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.
Kata kunci: TAI, NHT, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar, Kelarutan dan hasil Kali
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)