PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA DENGAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) MELALUI METODE EKSPERIMEN DAN PROYEK TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PADA MATERI DESTILASI KELAS X SMK NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN AJ
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan CTL melalui metode eksperimen dan metode proyek terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, pengaruh minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, dan interaksi antara penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan eksperimen dengan minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian desain faktorial 2x2. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas X Program Keahlian Teknik Kimia Industri SMK Negeri 2 Sukoharjo. Analisis data menggunakan Anava Dua Jalan Sel Tak Sama. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh penggunaan pendekatan CTL melalui metode eksperimen dan metode proyek terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, terdapat pengaruh minat berwirausaha terhadap prestasi belajar siswa pada materi Destilasi, dan terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan eksperimen dengan minat berwirausaha terhadap prestasi kognitif siswa pada materi Destilasi, tetapi tidak terdapat interaksi antara penggunaan pendekatan CTL melalui metode proyek dan eksperimen dengan minat berwirausaha terhadap prestasi afektif dan psikomotor siswa pada materi Destilasi.
Kata kunci: Pendekatan CTL, metode eksperimen, metode proyek, minat berwirausaha, materi Destilasi
Kata kunci: Pendekatan CTL, metode eksperimen, metode proyek, minat berwirausaha, materi Destilasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
© 2012 Program Studi Pendidikan Kimia
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret
Sekretariat : Gedung D Lantai 2 FKIP UNS
Jl. Ir. Sutami No. 36A, Kentingan Surakarta 57126
Telp: (0271) 646994 ext 376, Fax: (0271) 648939
Email : jpk.pkimiauns@gmail.com
Jurnal Pendidikan Kimia by https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
![Site Stats](http://www-beta.statcounter.com/images/button3.png)