candi borobudur kerajaan di indonesia

PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN MELALUI PEMBINAAN BERKALA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Sukamto Sukamto

Abstract


Abstract: Sukamto.2017The purpose of this study is to describe the improvement of teacher skills melakasanakan learning in SD Negeri 2 Gubug Gubug Sub-District Grobogan District after the coaching action.This School Action Research was conducted at State Elementary School 2 Gubug Gubug Sub-district Grobogan District. Type of action in this research is a real action that is guiding teachers in carrying out learning activities through Periodic coaching. The research was conducted in the second semester, precisely in August-October 2016. The research subjects of this school's action are all classroom teachers at State Elementary School 2 Gubug Gubug Sub-district Grobogan District with 6 teachers.The results of school action research can be concluded that through the assessment of teacher skills in carrying out the learning activities conducted with objective and transparent which followed up with regular guidance, especially in carrying out the learning activities. Through periodic guidance, assessment, teachers can know the weaknesses and aspects that have not been done, so the assessment results can be used by teachers in an attempt to improve themselves. Improvement occurs in all aspects, this indicates that through the assessment of teacher skills in carrying out learning activities can remind again things that should be done in the implementation of learning. Statistically the result of school action research conducted in SD Negeri 2 Gubug Gubug Sub-district of Grobogan District showed that the increase occurred before the action and after done the action equal to 56,32% with detail at prasiklus equal to 33,82% increase after done action at cycle 1 equal to 70,13% and in cycle 2 figure achievement aspect of class managing skill 90,13%.


Abstrak: Sukamto.2017.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan ketrampilan guru melakasanakan pembelajaran di SD Negeri 2 Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan setelah dilakukan tindakan pembinaan. Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 2 Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui pembinaan Berkala. Penelitian dilakukan pada semester II, tepatnya pada bulan Agustus-Oktober 2016. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah semua guru kelas di Sekolah Dasar Negeri 2 Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dengan jumlah 6 guru.Hasil penelitian tindakan sekolah dapat disimpulkan bahwa melalui penilaian ketrampilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan objektif dan transparan yang ditindaklanjuti dengan pembinaan berkala, khususnya dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Melalui pembinaan berkala, penilaian, guru dapat mengetahui kelemahan dan aspek-aspek yang belum dilakukan, sehingga hasil penilaian dapat digunakan oleh guru sebagai upaya untuk memperbaiki diri. Peningkatan terjadi pada semua aspek, hal ini menunjukkan bahwa melalui penilaian ketrampilan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dapat mengingatkan kembali hal-hal yang seharusnya dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran. Secara statistik hasil penelitian tindakan sekolah yang dilakukan di SD Negeri 2 Gubug Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan menunjukkan bahwa peningkatan terjadi sebelum dilakukan tindakan dan sesudah dilakukan tindakan sebesar 56,32% dengan rincian pada prasiklus sebesar 33,82% meningkat setelah dilakukan tindakan pada siklus 1 sebesar 70,13% dan pada siklus 2 angka ketercapaian aspek ketrampilan mengelola kelas sebesar 90,13%.

Kata kunci: ketrampilan guru, pelaksanaan pembelajaran, pembinaan berkala


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Google schoolar

 ISSN : 2443-3268