candi borobudur kerajaan di indonesia

MEMBERDAYAKAN PRESTASI SISWA MELALUI UPAYA PENGELOLAAN MANAJEMEN SEKOLAH

Jumiyanto Widodo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya Pengelolaan Manajemen Sekolah
dalam rangka memberdayakan prestasi siswa melalui implementasi, dukungan
ataupun hambatannya dalam implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah
(MBS). Dengan mengambil setting data ketika program tersebut dijalankan Sekolah
yaitu di tahun 2005/2006 oleh SMA N 1 Klaten. Sebagai sebuah penelitian deskriptif
kualitatif, maka penelitian ini berusaha menggambarkan keadaan atau fenomena
sosial tertentu yang terjadi dalam konteks yang tepat, sehingga bersesuaian dengan
permasalahan yang diangkat. Sumber data yang dikembangkan melalui teknik
purposive sampling dilanjutkan teknik snowball sampling yaitu dari kepala sekolah.
Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi atau
arsip yang dilakukan dengan teknik simak libat cakap (observasi partisipasi), teknik
rekam, teknik catat dan wawancara secara mendalam (in-depth-interview). Validitas
data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Analisis data
menggunakan teknik pola siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam
memberdayakan prestasi siswa sangat terkait dengan keberhasilan pengelolaan
manajemen sekolah. Implementasi Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)
pada SMA N 1 Klaten dibawah koordinasi kepala sekolah telah menjalankan program
tersebut dengan baik. Terindikasikan dari : 1) Proses implementasi yang dijalankan
telah sesuai dengan petunjuk implementasi yang tertulis dalam buku acuan BA-PGB05
dengan output implementasi yang menunjukkan kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan mengoptimalkan sumberdaya; 2) Meningkatnya kepedulian warga sekolah dan orang tua/wali murid melalui Komite Sekolah dalam mendukung pembiayaan BP3 dan RAP (Rencana Anggaran Pembangunan) termasuk dalam memberikan kontribusi pembangunan sarana prasarana; 3) Tingkat kompetisi siswa dan institusi SMA N 1 Klaten yang tinggi, ditunjukkan dari prestasi akademis siswa (lomba/olimpiade dan lulusan) dan program pengembangan institusi : akselerasi, imercy dan SNBI. Dari hasil kajian diketahui faktor pendukung dan penghambat yang diklasifikasikan dalam 2 (dua) variabel yaitu variabel kesiapan lembaga pelaksana dan dukungan publik stakeholders, Dewan Pendidikan Kabupaten Klaten dan Komite Sekolah SMA N 1 Klaten. Menunjukkan perlu peningkatan kapasitas dalam memberikan kontribusi secara lebih aktif, berpartisipasi tidak sekedar materi tapi juga non materi dalam keterlibatan kegiatan sosial, budaya dan keamanan sehingga implementasi MBS sebagaimana di maksudkan juga dalam manajemen pengelolaan sekolah melalui implementasi kebijakan pengelolaan manajemen yang lainnya bisa dilaksanakan lebih efektif dan efisien.

Kata Kunci : Implementasi, Manajemen, Mutu Sekolah, SMA N 1 Klaten


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.