candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRINSIP­PRINSIP PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI PERKANTORAN (SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 1 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015)

Chomsah Choirotu H, Tri Murwaningsih, Andre Novie Rahmanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas X AP 1 pada mata pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran di SMK Negeri 1 Sukoharjo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif metode make a match. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran dan peserta didik kelas X AP 1 di SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 36 peserta didik. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru mata pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran, peneliti dan partisipasi aktif dari peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui empat teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran prinsip­prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat. Rata­rata hasil belajar kognitif peserta didik pada pra­tindakan (73,19), siklus I (83,19) dan siklus II meningkat menjadi (86,39) yaitu 58,3% peningkatannya. Sedangkan rata­rata hasil belajar psikomorik peserta didik antar pra­tindakan (80,83), siklus I (80,33) dan siklus II meningkat menjadi 84,58 yaitu 8,34% peningkatannya. Ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik pada
kriteria tuntas dengan nilai rata­rata (>75%). Dan hasil belajar afektif siklus I terjadi peningkatan rata­rata peserta didik terutama aspek kedisiplinan hingga pada siklus II terjadi peningkatan rata­rata sikap peserta didik dengan kriteria baik. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat dari pra­tindakan, siklus I dan siklus II dan telah mencapai target ketuntasan yang diharapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran  make a match pada mata pelajaran Prinsip­prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran dapat meningkatkan hasil belajar pada
peserta didik kelas X AP 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.