candi borobudur kerajaan di indonesia

Pengetahuan Tentang Peraturan Futsal Peserta Ekstrakurikuler di SMP Darussalam Cimanggu

Arigana Yulianto, Kusmiyati Kusmiyati, Rosita Wardani

Abstract


Abstract: This research aims to determine knowledge about futsal regulations for extracurricular participants at SMP Darussalam Cimanggu. This type of research is quantitative descriptive research with a survey method. The population in the study were all futsal extracurricular participants at SMP Darussalam Cimanggu, totaling 25 students, taken using a total sampling technique. The data collection technique uses a test of true and false choice questions. The data analysis technique uses descriptive percentage analysis. The results of the research show that knowledge about futsal rules for extracurricular participants at Darussalam Cimanggu Middle School is in the "very poor" category of 0.00% (0 students), "poor" of 12.00% (3 students), "sufficient" of 40, 00% (10 students), "good" at 48.00% (12 students), and "very good" at 0.00% (0 students).

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan tentang peraturan futsal peserta ekstrakurikuler di SMP Darussalam Cimanggu. Jenis penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Darussalam Cimanggu yang berjumlah 25 siswa, yang diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan benar dan salah. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan tentang peraturan futsal peserta ekstrakurikuler di SMP Darussalam Cimanggu berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0,00% (0 siswa), “kurang” sebesar 12,00% (3 siswa), “cukup” sebesar 40,00% (10 siswa), “baik” sebesar 48,00% (12 siswa), dan “sangat baik” sebesar 0,00% (0 siswa).


Keywords


pengetahuan, peraturan futsal, peserta ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References


Achwani, M. (2014). Peraturan permainan futsal 2014/2015. Jakarta: Manajemen Sport Utama

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Budiwanto. (2017). Metodologi penelitian dalam keolahragaan. Malang: UNM Press.

Danang Aji Setyawan & Pandu Kresnapati. (2019). Analisis tingkat pemahaman peraturan permainan futsal (Laws of The Game) pada pelatih futsal di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah PENJAS, Vol 5. No.1

Darmawan, D, & Fadjarajani. (2016). Hubungan antara pengetahuan dan sikap pelestarian lingkungan dengan perilaku wisatawan dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jurnal Geografi, 4(1): 37—49.

Depdikbud. (1995). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Depdikbud. (2013). Permendikbud no 81 A tentang implementasi kurikulum. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Desmita. (2009). Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, H.E. (2012). Memahami perkembangan fisik remaja. Yogyakarta: Kanisius.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahastya.

Halim, S. (2009). 1 hari pintar main futsal. Yogyakarta: Media Presindo.

Hastuti, T.A. (2008). Konstribusi ekstrakurikuler bolabasket terhadap pembibitan atlet dan peningkatan kesegaran jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani, Nomor 1, Hlm. 63.

Hernawan, A.H. (2013). Pengembangan kurikulum dan pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Ibrahim, R. (2001). Landasan psikologi pendidikan jasmani di sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

IFAB. (2014). Futsal laws of the game. Switzerland: FIFA

Irawan, A. (2009). Teknik dasar modern futsal. Jakarta: Pena Pundi Aksara

Irawan,A (2015). Analisis kebutuhan mata kuliah futsal dalam jurusan sosiokinetika Program Studi Penjaskesrek Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1

Jaya, A. (2008). Futsal: gaya hidup, peraturan, dan tips-tips permainan. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Lhaksana, J. (2011). Taktik & strategi futsal modern. Jakarta: Penebar Swadaya Group

Meikahani, R.M & Kriaswanto, E.S. (2015). Pengembangan buku saku pengenalan pertolongan dan perawatan cedera olahraga untuk siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 11, Nomor 1.

Muhaimin. (2009). Strategi belajar mengajar (penerapan dalam pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, R. (2011). Mengartikulasikan pendidikan nilai. Bandung: Alfabeta.

Murhananto. (2006). Dasar-dasar permainan futsal (sesuai dengan peraturan FIFA). Jakarta: PT. Kawan Pustaka.

Naser, Ali, A, & Macadam, P. (2017). Physical and physiological demands of futsal. Journal of Exercise Science & Fitness, Volume 15, Issue 2, Pages 76-80.

Nofiyanti, Rengganis, & Lusina. (2015). Hubungan antara pengetahuan dan sikap. Majority, Volume 4, Nomor 8

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurcahyo, F. (2013). Pengelolaan dan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA/MAN/Sederajat se-Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 9, Nomor 2.

Rajaratenam, Martini, & Lipoeto. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap dengan tindakan pencegahan osteoporosis pada wanita usila di Kelurahan Jati. Jurnal Kesehatan Andalas. 3(2)

Ridwan. (2008). Psikologi remaja. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.

Rinanda Dwi Tanjung Putro. (2017). Tingkat pengetahuan peraturan futsal peserta ekstrakurikuler Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Skripsi Sarjana, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Sari, I.P.T.P. (2014). Tingkat pengetahuan tentang pentingnya mengkonsumsi air mineral pada siswa kelas IV di SD Negeri Keputran A Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 10, Nomor 2

Saryono. (2006). Futsal sebagai salah satu permainan alternatif untuk pembelajaran sepakbola dalam pendidikan jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Volume 3, Nomor 3.

Siyoto, S & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Subekti, T. (2015). Minat siswa SMA Negeri di Kabupaten Kulonprogo terhadap kegiatan ekstrakulikuler olahraga. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Edisi Khusus, 2015.

Sudijono, A. (2009). Pengantar statistika pendidikan. Jakarta: CV Rajawali.

Sugihartono. (2012). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistin, A.W & Widajadnya, I.N. (2015). Hubungan tingkat pengetahuan dengan sikap masyarakat tentang skistosomiasis di Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah tahun 2015. Jurnal Ilmiah Kedokteran, Vol.2 No.2.

Suryosubroto, S. (2009). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada.

Susworo D.M, Saryono, & Yudanto. (2009). Tes futsal FIK Jogja. Jurnal Iptek dan Olahraga. VOL. 11, No. 2.

Tenang, J. D. (2008). Mahir bermain futsal. Bandung: IKAPI.

UEFA Futsal Coaching Manual. (2017). UEFA Futsal Coaching Manual. Published by Union des Associations Européennes de Football (UEFA), route de Genève 46, 1260 Nyon, Switzerland.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v1i1.13471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649