candi borobudur kerajaan di indonesia

Evaluasi Kondisi Perkerasan Jalan Poros Desa Menggunakan Metode Pavement Condition Index (PCI)

Puji ahwan, Budi Yulianto, Ary Setyawan

Abstract


The village axis road is the main access for the community in carrying out economic activities and other social activities. Road damage often occurs on village main roads, this is due to road construction that has been completed but is not balanced with good road care or maintenance. Pavement Condition Index (PCI) is a method or system for assessing road pavement conditions based on the type and level of damage that has occurred and is used as a reference in determining the type of road maintenance or upkeep. The research was carried out on the main road in Wotan village, Sumberejo subdistrict, Bojonegoro district, with a sample road length of 500 meters and a width of 4 meters. From field observations, damage data and types of road damage were obtained, namely damage in the form of crocodile skin cracks, edge cracks, longitudinal and transverse cracks, weathering and Raveling, and Bleeding. The final PCI score was 78.6 in the very good category. The choice of road maintenance or maintenance for crack type damage with Slurry seal is to fill the cracks using a mixture of asphalt and fine aggregate,  Meanwhile, for this type of damage, releasing granules using chip seal is surface treatment by pouring asphalt directly onto the pavement surface, followed by aggregate and stirring.

Jalan poros desa merupakan akses pokok bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi dan kegiatan sosial  kemasyarakatan lainya. Kerusakan jalan sering terjadi pada jalan-jalan poros desa, hal ini disebabkan karena pembangunan jalan yang sudah selesai namun tidak diimbangi dengan perawatan atau pemeliharaan jalan yang baik. Pavement Condition Index (PCI) merupakan sebuah metode atau sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat kerusakan yang terjadi dan digunakan sebagai acuan dalam menentukan jenis pemeliharaan atau perawatan jalan. Penelitian dilakukan pada jalan poros Desa Wotan kecamatan Sumberejo kabupaten Bojonegoro dengan panjang sample jalan 500 meter dan lebar 4 meter. dari pengamatan dilapangan diperoleh data kerusakan dan jenis kerusakan jalan yaitu kerusakan berupa retak buaya, retak tepi, retak memanjang dan melintang, pelapukan atau pelepasan butiran serta pengembangan. Nilai akhir PCI adalah 78.6 dengan kategori baik sekali. Pilihan perawatan atau pemeliharaan jalan pada kerusakan jenis retak dengan Slurry seal yaitu dengan mengisi retakan menggunakan campuran aspal dan agregat halus, sedangkang untuk jenis kerusakan pelepasan butiran dengan cara Chip seal merupakan proses perawatan permukaan jalan yang melibatkan aplikasi langsung aspal cair ke permukaan perkerasan yang telah ada, diikuti dengan penyebaran agregat di atasnya dan proses pencampuran untuk menciptakan lapisan permukaan yang baru.


Keywords


jalan poros desa, PCI, pemeliharaan.

Full Text:

PDF

References


Brilianto, M. A., Sukirman, S., & ... (2018). Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Logging di Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur. … : Jurnal Teknil Sipil. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaracana/article/view/2003

Ing, T. L., & Riana, S. (2019). Analisis Kondisi Permukaan Perkerasan Jalan Pada Jalan Lemahneundeut dengan Metode PCI dan RCI. Jurnal Teknik Sipil. http://114.7.153.31/index.php/jts/article/view/1854

JUKNIS BKD 22.pdf. (n.d.).

Nikolaides, A. (2020). Pavement management. In Highway Engineering. https://doi.org/10.1201/b17690-21

Tajudin, A. N. (2021). EVALUASI KERUSAKAN PERKERASAN LENTUR DENGAN METODE PCI DAN SDI (STUDI KASUS: JALAN JATISARI, KARAWANG). JMTS: Jurnal Mitra Teknik Sipil. https://journal.untar.ac.id/index.php/jmts/article/view/12565

Yamali, F. R., Handayani, E., & Sirait, E. E. (2020). Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode Pci (Pavement Condition Index). Jurnal Talenta Sipil. http://talentasipil.unbari.ac.id/index.php/talenta/article/view/27

Surahman E. (2017). Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan pada Ruas Jalan Rimo-Singkil. (TA). Teknik Sipil. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan (ID).

Hardiyatmo, H.C. 2007, Pemeliharaan Jalan Raya, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta,




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v2i1.13432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649