candi borobudur kerajaan di indonesia

Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Produk Oleh-Oleh Khas Bojonegoro “Ledre Asli”

Nur Lum’atul Khoirot, Heru Irianto, Erlyna Wida Riptanti

Abstract


In the era of globalization filled with intense business competition, corporate organizations or businesses have a strong drive to survive. Factors influencing consumer satisfaction, including assessments of product quality, become crucial in efforts to maintain consumer loyalty. An example is "Ledre Asli," a typical Bojonegoro culinary product from micro, small, and medium enterprises (MSMEs) facing the challenge of insufficient promotion. This study aims to identify factors influencing consumer satisfaction with the product, with emphasis on the relationship between consumer satisfaction and repeat purchase intention. The research method employed is associative, aiming to reveal the relationship between two relevant variables in this context.

Dalam era globalisasi yang penuh dengan persaingan bisnis yang ketat, organisasi perusahaan atau bisnis memiliki dorongan yang kuat untuk bertahan. Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan konsumen, termasuk penilaian terhadap kualitas produk, menjadi sangat penting dalam usaha untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Salah satu contoh adalah "Ledre Asli," sebuah produk UMKM makanan khas Bojonegoro yang dihadapkan pada tantangan kurangnya promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap produk tersebut, dengan penekanan pada hubungan antara kepuasan konsumen dan minat beli ulang. Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif, yang bertujuan untuk mengungkap hubungan antara dua variabel yang relevan dalam konteks tersebut.


Keywords


Kepuasan Konsumen, Oleh-Oleh, Ledre

Full Text:

PDF

References


Agustin, S. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen kebab kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(1).

Bekti, R. D. D., & Suranto, S. P. (2021). Peran Tenaga Kerja Wanita dalam Perkembangan Inovasi Produk Ledre Super di Kecamatan Padangan, Bojonegoro. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hudaya, A. (2022). Membangun Minat Beli Ulang Pada Umkm, Melalui Strategi Kualitas Produk Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Umkm Minuman Ringan Tangsel). Jurnal Bisnis, Ekonomi, Manajemen, Dan Kewirausahaan, 2(2), 1–9.

Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis (11th ed.). PT. Rajagrafindo Persada.

Kotler, P., & Amstrong. (2007). Dasar-Dasar Pemasaran. Indeks.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Marketing Management (Boston, Ed.; 15th ed.). Pearson Education.

Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek (Pertama). Salemba Empat.

Maulana, A. S. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi Universitas Esa Unggul, 7(2), 78663.

Ridwan. (2006). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Alfabeta.

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 2(1), 117–127.

Siregar, S. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kencana.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (1st ed.). Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2010). Statistik untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi. Alfabeta.

Andi Offset.

Utami, A. P., Rahmahita, A., & Dermawan, D. (2022). UMKM Sebagai Peningkatan Pembangunan Ekonomi Bangsa Indonesia. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 2(4), 995–1001.

Widjajanti, G. D. (2018). Strategi Peningkatan Daya Saing UMKM Agroindustri Menggunakan Analisis SWOT Dan Fuzzy AHP (Studi Kasus: Umkm Ledre Pisang Di Kabupaten Bojonegoro). Universitas Brawijaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.20961%2Fimscs.v2i1.13431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Interdisciplinary and Multidisciplinary Studies: Conference Series is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Organized by Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sebelas Maret, Jl. Ir. Sutami 36A, Kentingan, Surakarta.

e-ISSN: 2987-5439 || p-ISSN: 2987-3649