candi borobudur kerajaan di indonesia

Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter di SMA Negeri 3 Semarang (Studi pada Kelompok Mata Pelajaran IPS)

Surasmini Surasmini, Hermanu Joebagio

Sari


Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yang beriman dan bertaqwa, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kepribadian yang mantap. Salah satu cara untuk mewujudkan hal tersebut adalah memberikan pendidikan karakter pada siswa dengan cara mewariskan nilai-nilai yang ada pada generasi terdahulu melalui pelajaran sejarah.

            Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengidentifikasi, mengintegrasi dan mengevaluasi pelaksanaan pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan kasus tunggal karena penelitiannya hanya dilakukan pada satu sasaran (satu lokasi atau satu objek), sehingga strategi penelitian yang relevan adalah studi kasus (Case Study). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik nontes (angket, observasi, wawancara, dan dokumen). Untuk mengecek keabsahan data digunakan triangulasi metode dan sumber.     Dari hasil yang diperoleh dari penelitian ini, penanaman nilai- nilai pendidikan karakter pada mata pelajaran IPS yang dilakukan oleh guru kepada peserta didik di dapati hampir berimbang antara sering dan kadang-kadang menanamkan. Hal ini ditunjukkan dengan persentasi siswa yang mengatakan bahwa guru sering menanamkan nilai-nilai karakter berupa pemberian suri tauladan atau contoh kepada peserta didik sebanyak 43%, terkadang ada juga guru yang menanamkan nilai-nilai karakter dengan menyisipkan pada materi pembelajaran dibuktikan dengan 45% siswa mengatakan kadang-kadang guru menanamkan nilai karakter kepada siswa, 10% siswa mengatakan guru selalu menanamkan nilai karakter, 2% siswa mengatakan guru tidak pernah menanamkan nilai-nilai karakter. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa  penanaman nilai- nilai pendidikan karakter dapat diintegrasikan melalui pembelajaran mata pelajaran IPS khususnya sejarah di SMAN 3 Semarang.

Kata Kunci: analisis, pendidikan karakter, mata pelajaran IPS.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.