candi borobudur kerajaan di indonesia

ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 PONTIANAK

Haris Firmansyah, Warto Warto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: perencanaan guru dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, pelaksanaan pembelajaran sejarah kebudayaan Islam, evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, dan kendala-kendala yang ditemui dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN 2 Pontianak. Pelaksanaan penelitian ini di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Metode yang digunakan adalah bentuk kualitatif deskriptif dengan strategi penelitian kasus tunggal  terpancang. Data dan sumber data terdiri dari informan, aktifitas pembelajaran, dan dokumen. Data digali melalui wawancara, observasi dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Data dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif yang dilaksankan melalui tiga komponen, yaitu: reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak: Perencanaan pembelajaran secara umum sudah memuat semua prinsip pengembangan dan komponen-komponen perencanaan termasuk komponen pendidikan karakter, namun perencanaan yang disusun masih belum optimal karena semua perencanaan terutama RPP terlihat sama antara satu dengan yang lainnya. Pelaksanaan pembelajaran belum sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sehingga pelaksanaan belum berjalan dengan efektif, namun pada setiap pertemuan guru selalu menyampaikan substansi materi sesuai dengan SK dan KD. Evaluasi dilaksanakan dengan dua model penilaian yakni penilaian proses dan penilaian tertulis dengan KKM yang dinyatakan dalam bentuk angka, yakni sebesar 75. Dan kendala-kendala yang ditemui terdiri dari; kurangnya sarana-prasarana, siswa yang mengikuti jam pelajaran siang sudah banyak yang lelah dan mengantuk, keterbatasan siswa terhadap pengetahuan dasar tentang sejarah kebudayaan Islam, waktu yang sedikit dan materi yang begitu banyak, penerapan metode yang menoton, penggunaan media yang sangat minim, dan sumber belajar tidak banyak yang digunakan..

 

Kata Kunci : Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.