candi borobudur kerajaan di indonesia

Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Arsip Dokumen Untuk Meningkatkan Eksplanasi Sejarah Mahasiswa STKIP PGRI PONTIANAK KALIMANTAN BARAT

Fandri Minandar, Akhmad Arif Musadad

Sari


Latar Belakang : kemampuan eksplanasi merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa dalam menjelaskan peristiwa sejarah. Sebelum terjun ke lapangan dalam program pengenalan lapangan (PPL) ataupun memasuki dunia kerja menjadi tenaga pendidik, para mahasiswa dibekali dengan kemampuan eksplanasi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi mahasiswa sejarah dengan berbasis arsip-dokumen.

Metode : penelitian ini merupakan penelitian dan pengemabngan. Metode yang digunakan yaitu studi pendahuluan, uji kelayakan produk, dan uji efektivitas produk. Teknik analisa data untuk uji kelayakan menggunakan konversi nilai skala 5, sedangkan untuk uji efektivitas menggunakan uji T.

Hasil : model yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan setelah melakukan uji efektivitas dengan perhitungan uji T 2,510 dengan taraf signifikansi 0,016 < 0,025 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model yang dkembangkan.

Kesimpulan : model yang dikembangkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap model yang dikembangkan, dengan kata lain model pembelajran sejarah yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan eksplanasi mahasiswa.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Arsip-dokumen, ekplanasi.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.