candi borobudur kerajaan di indonesia

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Sudrajat Arif Krisanjaya

Abstract


Sudrajat Arif Krisanjaya (K5411060) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN (Materi Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pembanguan Berkelanjutan di SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret. April 2015.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar geografi melalui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di kelas XI IIS 1 SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, dan (2) untuk mengetahui peningkatan sikap peduli lingkungan peserta didik melalui penerapan model Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan di kelas XI IIS 1 SMA N 1 Surakarta tahun ajaran 2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan reflek si. Subyek penelitian ini adalah Kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terbukti secara empiris dapat meningkatkan hasil belajar geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 pada siklus II dengan persentase hasil belajar kompetensi pengetahuan sebesar 91,30%, hasil belajar kompetensi sikap sebesar 91,30%, dan hasil belajar kompetensi keterampilan sebesar 86,96%., dan (2) penerapan model pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) terbukti secara empiris dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan kelas XI IIS 1 SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015 pada siklus II dengan persentase sebesar 82,61% peserta didik memiliki sikap peduli lingkungan tinggi.

Kata Kunci : Sains Teknologi Masyarakat (STM), Hasil Belajar, Sikap Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.