candi borobudur kerajaan di indonesia

Efektivitas Metode Pembelajaran NHT dan STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Bhian Rangga Javanica Rubiyanto

Abstract


Bhian Rangga Javanica Rubiyanto. Efektivitas Metode Pembelajaran NHT dan STAD Terhadap Hasil Belajar Geografi Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.Juli 2014.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar Geografi antara menggunakan metode pembelajaran NHT, STAD, dan ceramah, (2) perbedaan hasil belajar Geografi antara menggunakan metode pembelajaran NHT dengan metode pembelajaran STAD, (3) perbedaan hasil belajar Geografi antara menggunakan metode pembelajaran NHT dengan metode pembelajaran ceramah, (4) perbedaan hasil belajar Geografi antara menggunakan metode pembelajaran STAD dengan metode pembelajaran ceramah pada kompetensi dasar ‘Mendeskripsikan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan” peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta tahun pelajaran 2013 / 2014. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas XI IPS 2, XI IPS 3, XI IPS 4. Teknik pengumpulan data hasil belajar menggunakan teknik tes dalam bentuk soal objektif pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian satu jalan dan uji lanjut pasca anava satu jalan dengan taraf signifikansi 5%.

Berdasarkan analisis data, dapat disajikan hasil penelitian sebagai berikut: (1) ada perbedaan hasil belajar Geografi antara menggunakan metode pembelajaran NHT, STAD dengan ceramah, (2) hasil belajar Geografi menggunakan metode pembelajaran NHT lebih baik daripada hasil belajar metode pembelajaran STAD, (3) hasil belajar Geografi menggunakan metode pembelajaran NHT lebih baik daripada hasil belajar metode pembelajaran ceramah (4) hasil belajar Geografi menggunakan metode pembelajaran STAD lebih baik daripada hasil belajar metode pembelajaran ceramah pada kompetensi dasar ‘Mendeskripsikan pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan” peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.

 

Kata kunci : penelitian eksperimen, metode NHT, metode STAD

 


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.