PENGEMBANGAN INSTRUMEN DIAGNOSTIK BERBASIS DYNAMIC INTELLECTUAL LEARNING (DIL) UNTUK MATAKULIAH GELOMBANG DAN OPTIK
Abstract
Telah dikembangkan instrumen soal tes diagnostik persamaan gelombang sebagai prasyarat mengikuti kuliah “Interferensi Gelombang” di program studi Pendidikan Fisika FKIP UNS” berbasis DIL. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research & Development yang meliputi 8 langkah sebagai berikut : Analisis Kebutuhan, Membuat Rancangan Awal Instrumen, Pengumpulan Data Rancangan, Pembuatan Desain Instrumen, Pembuatan Instrumen, Validasi, Revisi dan Pengujian. Instrumen tes yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban. Instrumen tes diagnostik ini telah divalidasi dan telah diuji kelayakannya meliputi uji reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecohnya sehingga dapat digunakan sebagai instrumen untuk menentukan kelayakan mahasiswa mengikuti kuliah interferensi gelombang. Melalui rangkuman hasil analisis ANATES V4 menunjukkan bahwa dari 30 soal yang diuji cobakan kepada 40 mahasiswa menghasilkan skor rata-rata 23,0. Nilai reliabilitas tes 0,95 menunjukkan bahwa instrumen tes ini tergolong sangat tinggi karena memenuhi 0,80 ≤ rxy≤ 1,00.
Kata Kunci :InterferensiGelombang, DIL
Kata Kunci :InterferensiGelombang, DIL
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.